Langsung ke konten utama

Resensi Buku "Dasar-Dasar Sosiologi Hukum" karya Dr. Sabian Utsman, S.H., M.Si.



Judul buku
:
Dasar-Dasar Sosiologi Hukum
Pengarang/ Penulis
:
Dr. Sabian Utsman, S.H., M.Si.
Penerbit
:
Pustaka Pelajar
Tahun terbit/cetakan
:
Cetakan 1, April 2009
Tebal buku
:
i-xxiv + 406 halaman
Peresensi
:
Nur Zaidah*

Bagi para insan penstudi ilmu hukum di Indonesia, khususnya bagi mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Sosiologi Hukum barang kali tidak asing dengan buku karya salah satu dosen di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Dr. Sabian Utsman, S.H., M.Si. yang berjudul “Dasar-Dasar Sosiologi Hukum”. Sejak dicetak pada tahun 2009, buku ini telah beberapa kali dicetak karena banyaknya permintaan untuk dijadikan pedoman serta referensi bagi kalangan teoritisi maupun praktisi hukum. Bahkan buku ini telah dirujuk sebanyak 66 kali di Google Scholar dalam artikel/tulisan ilmiah.

Sebagaimana judulnya, buku ini sangat komprehensif dalam mengupas dasar sosiologi hukum. Kajiannya dimulai dengan Konsep Dasar Sosiologi Hukum (bagian 2), Kegunaan Teori dan Sosiologi Hukum Sebagai Alat Memahami Perkembangan Masyarakat (bagian 3), Dasar-Dasar Sosiologi Hukum (bagian 4), Studi dan Pemikiran Hukum (bagian 5), Anatomi Sosial dan Hukum (bagian 6), Hukum dan Perubahan Sosial serta Interaksi antara Hukum Negara (bagian 7), Manusia, Kerja dan Hukum (bagian 8), Problematika berhukum di Indonesia (bagian 9) serta dilengkapi dengan Proposal Penelitian Hukum Legal Research (bagian 11).

Bagi saya, buku ini telah diramu dengan sangat baik oleh Dr. Sabian Utsman, S.H., M.Si. walau dengan tebal buku ±406 halaman. Buku ini tergolong runtut dalam mengkaji perpaduan sosiologi. Buku ini tentu perlu kita apresiasi mengingat hal ini merupakan salah tulisan karya anak bangsa yang sangat bermanfaat bagi penggiat ilmu hukum di Indonesia. 

Namun demikian, kata-kata/ bahasa yang dipakai oleh penulis harus dipahami secara kritis dengan pemikiran yang luas, karena tergolong menggunakan bahasa ilmiah yang tidak dapat hanya sekali baca saja memahaminya. 
Selamat menelusuri lembar demi lembar buku ini! :)

*Mahasiswi Hukum Keluarga Islam (2017) Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESONA KALIMANTAN TENGAH - TARI MANDAU

Kalimantan Tengah  sangat terkenal akan keindahan alam, etnik dan budaya di dalamnya. Semua itu tersirat dalam berbagai kesenian tradisionalnya yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Tari Mandau. Tari Mandau  adalah salah satu kesenian tari tradisional suku Dayak, yang menampilkan atraksi dalam memainkan Mandau sebagai property tarianya. Nama Tari Mandau di ambil dari properti yang di gunakan dalam tarian tersebut, yaitu Mandau. Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak yang berbentuk parang/ pedang. Dalam pertunjukannya, gerakan Tari Mandau lebih mengedepankan atraksi dan seni tari yang indah dalam memainkan senjata berupa Mandau dan perisai. Berbeda dengan “Tari Mandau Kinyah” yang lebih mengedepankan unsur teatrikal dan seni perang dalam pertunjukannya. Tidak jarang dalam pertunjukan tarian ini mempertontonkan adegan yang berbahaya, contohnya seperti mengayunkan dan  menggigit  Mandau yang tajam. Namun semua itu tidak berbahaya bagi para penari, karena

LIRIK LAGU STRONGEST - INA WROLDSEN

[Verse 1] You sit there with that look on your face like you won Like nothing that I say is gonna change how you feel now You sit there and you tell me you fell outta love And we are in your way so you just gotta leave now And we just need to understand your reasons And you are gonna justify this treason By telling me the promises that we sworn ain't enough [Pre-Chorus] So now you gonna be another person? And how do I explain this shit to our son? How'd you tell a toddler about a girlfriend? Daddy's gone [Chorus] Well, I will be the strongest that he ever knew And I will be there when he needs a love strong enough Don't worry I will carry your share for us No matter how bad the storm I will be strongest that he ever knew And we'll leave you alone [Verse 2] You sit there with your phone in your hands and you're hurt You tell me that you feel like you lost me when he came I'm sorry but I cannot connect with your words 'Cause